Sabtu, 25 Mei 2013

PEMBUATAN MEDIA REPLIKA BUMI

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. . . .

      Beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan tugas kelompok mata kuliah Media Pembelajaran Geografi. Tugasnya adalah untuk membuat sebuah media pembelajaran yang berhubungan dengan kajian geografi dan disesuaikan dengan bahan pembelajaran siswa SMP dan SMA sederajat lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya ingin memberitahukan mengenai media yang kami buat dan bagaimana cara pembuatannya. Tidak perlu basa basi lagi saya akan langsung membahasnya.

        Pertama-tama kita siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya :

  • Bola Plastik
  • Spidol
  • Cat Air
  • Kuas
  • Cat Kayu
  • Papan
  • Kawat
  • Perkakas Tukang (Gergaji, Palu dan Paku)

      Setelah semua bahan diatas telah disediakan kita langsung menuju ke tahap pembuatan, saya membaginya menjadi beberapa tahap, yaitu : 

Tahap Pemberian Sketsa
Bola tersebut kita gambar terlebih dahulu dengan spidol dan kita bentuk terlebih dahulu bentuk benua-benua, batas lempeng dan bagian yang termasuk didalam ring of fire.


Tahap Pewarnaan
Setelah sketsa tersebut telah jadi kita langsung saja mewarnainya dengan cat air, kita sesuaikan warnanya. terdapat beberapa warna yaitu : Hijau ( Benua), Biru (Laut), Merah (Ring of Fire) dan Pink (Batas Lempeng-lempeng).



Tahap Pembuatan Bingkai
Setelah itu kita membuat bingkainya yaitu dengan bahan-bahan papan yang telah tersedia, pertama-tama papan tersebut digergaji terlebih dahulu. untuk alasnya berbentuk persegi 6, dan sisi lainnya berbentuk persegi panjang. setelah papan digergaji barulah kita gabungkan alas beserta sisi-sisi lainnya dengan menggunakan palu dan paku. Setelah jadi bingkainya barulah kita cat untuk memperbagus tampilannya.



Tahap Penggabungan
Setelah semua hal tersebut selesai barulah kita masuk ke tahap terakhir yaitu tahap penggabungan antara bingkai dengan Replika Bumi. Untuk menggabungkan kedua benda ini kami menggunakan bantuan Kawat yaitu dengan cara memasukkan kawat kedalam bola dari sisi atas hingga tembus kesisi bawah. Penggunaan kawat ini bertujuan untuk membuat bola dapat diputar seperti bentuk Globe yang sering kita temukan.



       Sekian proses pembuatan Media Replika Bumi dari kelompok kami. oh ya jangan lupa ini adalah video pembuatan kelompok kami.



*Selamat Menikmati*

Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita semua dan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. . .

1 komentar:

  1. Mas/mbak buatkan globe kalau selesai langsung kirim ke surabaya utara Tanah Merah 3F/9

    BalasHapus